Selasa, 14 Desember 2010

SBY Disambut Unjuk Rasa di Surabaya

SBY Disambut Unjuk Rasa di Surabaya
Liputan6.com, Surabaya: Kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Surabaya, Jawa Timur, disambut unjuk rasa mahasiswa Universitas Airlangga, Selasa (14/12) siang. Massa yang berdemonstrasi mengaku tidak puas dengan kinerja pemerintah. Mereka terlibat bentrok dengan polisi di Jalan Darmawangsa, Surabaya.
Bentrok bermula saat mahasiswa berusaha memblokade jalan tersebut dengan membakar ban bekas di tengah jalan. Hal itu dilakukan lantaran mahasiswa menduga Jalan Darmawangsa, akan digunakan Presiden untuk menuju Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
Polisi yang berupaya memadamkan api dari ban yang dibakar mendapatkan perlawanan. Alhasil, baku hantam antara mahasiswa dan polisi tak terhindarkan.
Sejumlah mahasiswa anarkis ditangkap, tapi hal ini membuat kawan-kawan mereka kesal dan malah memblokade jalan utama kota itu yang berada di depan kampus. Demonstrasi ini mereda setelah Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya melepas mahasiswa yang sempat ditahan.
Sebelumnya, saat berorasi, mahasiswa menolak kapitalisasi pendidikan dan kesehatan. Selain itu, mereka menolak privatisasi minyak dan gas. Mahasiswa sekaligus menuntut pemerintah menuntaskan kasus korupsi dan masalah tenaga kerja Indonesia.(BJK/ANS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar