Selasa, 14 Desember 2010

Sinar Matahari dan Vitamin D Kalahkan Kanker

Desliana Carolina
13/12/2010 20:01 | Penemuan Medikal
Liputan6.com, Paris: Sinar matahari dan makanan yang mengandung vitamin D dapat mengurasi risiko terserang kanker payudara hingga 43%, demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari the Centre for Research in Epidemiology and Population Health, seperti dilansir oleh Zee News, Ahad (12/12).

Penelitian yang melibatkan 67.721 wanita berusia 41 tahun sampai 72 tahun ini menemukan bahwa vitamin D memiliki zat antikanker yang juga dapat memperlambat penyebaran sel kanker. Wanita yang lebih sering bersentuhan dengan sinar matahari memiliki risiko terserang payudara 32-43% lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.

"Hasil penelitian kami berhasil menemukan manfaat lain dari sinar matahari yang terkait dengan kanker payudara. Temuan kami menunjukkan wanita yang memiliki asupan vitamin D yang lebih tinggi akan memiliki risiko yang lebih kecil. Kami sebenarnya agak ragu untuk mempublikasikan hasil penelitian ini, mengingat kurangnya kewaspadaan masyarakat akan bahaya lain dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit," kata Pimpinan Penelitian the Centre for Research in Epidemiology and Population Health, Pierre Engel. (Vin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar